Lomba Keriang Ramadan Keliling Kota Sanggau Saat Malam Takbiran Berlangsung Meriah

oleh

Lomba Keriang Ramadan Keliling Kota Sanggau Saat Malam Takbiran Berlangsung Meriah

Uri.co.id, SANGGAU – Lomba Keriang Ramadan Keliling Kota Sanggau dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H di Kota Sanggau berlangsung meriah, Selasa (4/6/2019) malam.

Kegiatan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Sanggau. Lomba Keriang Ramadan dilepas langsung Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Kegiatan itu digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan Piolres Sanggau. Lomba diikuti sekitar 10 peserta dengan rincian 8 peserta kategori umum dan 2 peserta kategori pelajar. Panitia juga menyiapkan door prize bagi seluruh peserta yang beruntung.

Hadir juga Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sgu yang diwakili Pasi Ops Kapten Inf Agus Mulyana didampingi Pasi Pers Kapten Yulidianto, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau yang diwakili Kasi Bimas Islam H Toyib Saefudin Alayubi, Ketua Umum PHBI Sanggau Hadi Sudibjo, Komisioner Baznas Sanggau Indra, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau, Ketua KONI Sanggau Ibrahim, sejumlah ormas islam, ormas pemuda islam, OKP dan tokoh masyarakat beserta tokoh agama di Kota Sanggau.

Wakil koordinator panitia lomba, Kasful Anwar menyampaikan, Rute yang bakal dilewati yakni jalan Mangga lingkungan Kantu, menuju Jalan Rambai, mutar ke jalan jendral Ahmad Yani dan finish di Mapolres Polres.

Untuk peserta, lanjutnya, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai dan piagam perhargaan.

“Pukul 20.30 Wib tadi lomba kita mulai yang dilepas oleh Wakil Bupati Yohanes Ontot didampingi Kapolres dan Forkompimda beserta sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Sanggau,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua umum PHBI Kabupaten Sanggau, Hadi Sudibjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan kerjasama antara PHBI dengan Polres Sanggau.

“Bahkan kegiatan bernuansa islam sebelumnya juga dilaksanakan oleh PHBI dengan Polres Sanggau diantaranya pawai obor menyambut ramadan, festival musik sahur, dan lomba keriang ramadan, “tuturnya.

Ia mengucapkan puji syukur atas terlaksananya sejumlah kegiatan yang bekerjasama dengan Polres Sanggau.

Kegiatan ini juga, lanjutnya, berkat dukungan para tokoh agama, Pemda Sanggau yang telah menyiapkan tempat acara, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan dan tentunya Polres Sanggau yang membantu lancarnya kegiatan.

Sementara itu, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi dalam sambutannya mengajak seluruh umat muslim mendengungkan takbir, tahlil dan tahmid lepada Allah SWT atas keberkahannya sehingga ramadan 1440 H dapat kita laksanakan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian kita seluruh umat muslim dalam menyemarakkan perayaan menyambut 1 Syawal 1440 H,”katanya.

Kapolres menjelaskan, kegiatan menyambut 1 Syawal yang dirayakan dengan lomba keriang ramadan merupakan hasil evaluasi yang kita lakukan terhadap perayaan menyambut 1 Syawal tahun lalu. “Tahun ini kita coba dengan mengadakan lomba keriang ramadan,”jelasnya.

Tak lupa juga, Kapolres Sanggau mendoakan agar Kabupaten Sanggau bisa menjadi Kabupaten yang maju, dan bermartabat, toyyibatun wa rabbun ghafur.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dalam sambutannya menyampaikan, puji syukur kepada Tuhan karena umat muslim telah melaksanakan puasa ramadan 1440 H secara ful. Dan malam ini juga PHBI bekerjasama dengan Polres Sanggau telah melaksanakan lomba Keriang ramadan.

“Kita lihat malam ini bermacam model keriang ramadan, ada masjid, ada beduk, ada onta dan bermacam-macam model lainnya yang bernuansa islami, “ujarnya.

Untuk itulah, Ontot berharap melalui kegiatan ini dapat menyentuh dan menambah keimanan umat muslim khususnya dalam menyambut 1 Syawal 1440 H.

Atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada PHBI dan Polres Sanggau beserta seluruh umat muslim yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan malam hari ini,”ujarnya.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1440 H. Mudah-mudahan momentum ini silaturahmi antar kita semakin baik kedepannya. Mari kita jaga Kabupaten Sanggau yang beriman, bermartabat, karena Sanggau adalah rumah kita,” pungkasnya. (*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!