Jelang Tengah Malam, Festival Meriam Karbit Mulai Berlangsung Sambut 1 Syawal

oleh

Jelang Tengah Malam, Festival Meriam Karbit Mulai Berlangsung Sambut 1 Syawal

PONTIANAK – Festival Meriam Karbit menjadi sebuah kemeriahan tersendiri sambut malam takbiran di Kota Pontianak, Selasa (4/6/2019).

Bunyinya saling bersautan satu sama lain disepanjang tepian Sungai Kapuas bersama antusias masyarakat Kota Pontianak yang meramaikannya dengan hadir langsung di lokasi.

Terlihat peserta festival sudah mulai menyalakan meriamnya masing-masing.

Dari pantauan di sepanjang sungai Kapuas terutama di Gang Garuda 2 terdapat tujuh Meriam Karbet yang sudah siap dibunyikan.

Masing-masing peserta membunyikan meriam karbit mereka masing-masing.

Oka (29) yang merupakan anggota panitia dari grup Kuantan Putra, mengatakan pada festival kali ini meriam karbit setidaknya selama satu minggu kedepan akan di mainkan.

“Sepekan  lebaran meriam karbit akan tetap di mainkan, setelah itu masukkan ke dalam sungai lagi,” ujar Oka.

Oka  menambahkan, adanya perhatian yang serius  dari Pemerintah Kota, Provinsi, bahkan negara apalagi ini merupakan sebuah pelestarian adat budaya yang telah masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia yang mempunyai potensi untuk mengundang wisatawan datang.

“Dengan adanya dana bantuan untuk perawatan meriam karbit ini,” katanya.

Setiap tahunnya seperti yang dilakukan warga Gg Garuda selalu berinisiatif untuk menjaga budaya.

“Jadi tolonglah pemerintah melalui anggota legislatif, lestarikan lah budaya ini masukkan anggaran APBD untuk budaya meriam karbet ini,” harapnya.

Ia tidka menginginkan jika sampai budaya Festival Meriam Karbit ini hilang dimakan jaman.

“Kalau tidak inisiatif dari kita siapa lagi yang akan menjaga Budaya ini, budaya ini hanya ada di negara Indonesia tidak dinegara lain,”pungkanya. (Sabara Basirun) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!