Sanggau Bakal Dilalui Jalur Kereta Api | Pontianak Uri.co.id

Pontianak Uri.co.id

Menu

Sanggau Bakal Dilalui Jalur Kereta Api

Sanggau Bakal Dilalui Jalur Kereta Api
Foto Sanggau Bakal Dilalui Jalur Kereta Api

pontianak.Uri.co.id, SANGGAU – Bupati Sanggau, Poulus Hadi menyampaikan, di Kalbar pembangunan jalur kereta api sudah masuk dalam rancangan strategis Pemprov Kalbar. Kabupaten Sanggau menjadi satu di antara daerah yang akan dilalui jalur kereta api tersebut.

“Kita sudah beberapa kali diundang pemerintah pusat, detailnya melalui Bappeda sudah dibahas di tingkat provinsi. Memang Kalbar mendapat jatah jalur kereta api,” kata belum lama ini.

Satu di antara yang didiskusikan adalah apakah jalur tersebut melalui Kabupaten Landak atau Sanggau. Namun Sanggau akhirnya menjadi prioritas lantaran letaknya yang strategis.

“Artinya jalurnya akan lewat sini, tentu stasiunnya juga akan ada di sini. Harapan saya ini akan terwujud. Informasi dari Bappeda, (jalur kereta api) dari Pontianak lewat Batu Ampar. Tinggal Batu Ampar apakah mengikuti jalan nasional tadi atau lurus, atau lewat pantai. Nanti bisa saja pantai Meliau-Tayan, nanti memutar, apakah ke Entikong, balik lagi melalui Landak, nanti akan dikembangkan ke perhuluan. Tapi titik strategisnya harusnya di Sanggau. Ini sedang dipertimbangkan. Tapi kalau Pontianak menuju Batu Ampar, arahnya sudah seperti itu (dari Sanggau),” jelasnya.

Lantaran sudah masuk rancanangan strategis Kalbar, Wakil Ketua DPC PDIP Sanggau itu berharap dua atau tiga tahun ke depan sudah terealisasi.

“Pasti kalau stasiun di Sanggau, waktu tempuh akan makin dekat. Termasuk urusan bisnis, kargo dan barang-barang. Apalagi kalau titiknya di Kota Sanggau, bisa ke Entikong dan pelabuhan di Mempawah,” terangnya.

Lanjutnya, yang terpenting sudah ada angin segar dari pemerintah pusat. Kemungkinan besar, jika jalur kereta api ini terwujud, akan sinkron dengan provinsi lain di Kalimantan.

“Saya kira perencaannya akan nyambung ke Kalteng, Kaltim. Sekarang ini kan untuk tingkat Kalbar dulu. Contoh jalan trans kalimantan, dulu kan masing-masing. Sekarang sudah dihubungkan,” ujarnya. (uri/iechal/adja/izky/RRR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Pontianak Uri.co.id