Realisasi Penerimaan Pajak di Kalbar Baru Rp 1,7 Triliun | Pontianak Uri.co.id

Pontianak Uri.co.id

Menu

Realisasi Penerimaan Pajak di Kalbar Baru Rp 1,7 Triliun

Foto Realisasi Penerimaan Pajak di Kalbar Baru Rp 1,7 Triliun

pontianak.Uri.co.id, PONTIANAK – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat (Kalbar) mencatat realisasi penerimaan pajak hingga saat ini di Kalbar sudah mencapai 24,7 persen atau Rp 1,7 triliun dari target tahun 2016 yang sebesar Rp 7,057 triliun.

Petrus Martono selaku Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil DJP Kalbar mengaku, terjadi penurunan sebesar 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya, namun dari sisi nominal penerimaan tumbuh 3 persen.

Petrus mengungkapkan ada beberapa kendala yang menyebabkan realisasi penerimaan mengalami penurunan. Pada tahun sebelumnya kata dia, Kanwil DJP Provinsi Kalbar melakukan berbagai upaya melalui kebijakan seperti revaluasi aktiva.

Berbagai kebijakan pemerintah seperti pengampunan pajak pun turut memberi pengaruh terhadap realisasi penerimaan pajak 2016.

“Tahun lalu itu kan ada revaluasi aktiva, ada juga pengampunan pajak dan beberapa kemudahan lainnya. Tahun lalu kita sudah mencapai sekitar 27 persen, jika dilihat di hari yang sama. Sehingga ada penurunan sekitar 3 persen. Tapi dari sisi pertumbuhan nominal tumbuh 3 persen,” ujar Petrus saat buka puasa bersama awak media dan panti asuhan di Aula DJP Provinsi Kalbar. (uri/eny/arkart/WH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Pontianak Uri.co.id