Olahraga Ini Lebih Asyik Ketimbang Lari | Pontianak Uri.co.id

Pontianak Uri.co.id

Menu

Olahraga Ini Lebih Asyik Ketimbang Lari

Foto Olahraga Ini Lebih Asyik Ketimbang Lari

pontianak.Uri.co.id – Bila berlari di treadmill kini membuat Anda kehilangan gairah, inilah saatnya untuk mengubah rutinitas. Bukan hanya untuk mengusir kebosanan dan mengembalikan semangat olahraga, membuat variasi olahraga, dinilai lebih efektif dalam pembakaran kalori tubuh.

“Tubuh manusia tidak dirancang untuk melakukan kegiatan berulang, gerakan yang sama, seperti saat berolahraga. Saat tubuh melakukan olahraga yang sama hampir setiap hari, maka tubuh bisa berada dalam zona “nyaman”, sehingga pembakaran kalori menjadi tidak maksimal,” kata Dan John, pelatih kebugaran di Burlingame, CA, dan penulis buku Never Let Go.

“Membuat variasi olahraga merupakan cara agar tubuh untuk terus beradaptasi dengan gerakan baru sehingga tubuh lebih terpacu untuk membakar kalori.”

Jadi, ketimbang hanyut dalam rutinitas lari yang sama hampir setiap hari atau akhir pekan, cobalah salah satu latihan kardio rekomendasi John di bawah ini. Efektivitasnya sama dengan 1 jam berlari santai di atas treadmill.

The “55” Workout

Mulailah dengan melakukan 1 kali squat dan 10 hitungan push-up. Lalu, beristirahat selama 30 detik. Kemudian lakukan 2 kali squat dan 9 hitungan push-up.

Secara bertahap, naikan hitungan squat sampai dengan 10 squat dan turunkan hitungan push-up hingga ke 1 hitungan.

Dengan begitu, Anda akan menyelesaikan 55 hitungan pada saat Anda selesai, dan menuai manfaat baik kardiovaskular dari latihan aerobik dan kekuatan otot ini.

10 meter sprint atau lari sangat cepat

Cari area di mana Anda dapat berlari sejauh 10 meter. Lalu berlarilah secepat mungkin sejauh jarak tersebut, setelah itu buatlah jeda yang cukup lama untuk menghirup dan menghembuskan napas panjang melalui hidung sebanyak 1 kali.

Berlarilah kembali dan lakukan jeda, kali ini menghirup dan menghembuskan napas dua kali melalui hidung. Lanjutkan berlari dan lakukan jeda dengan menambahkan jumlah nafas menjadi 3 kali dan seterusnya. Hentikan lari ketika Anda sudah tak bisa lagi bernafas melalui hidung.

Cara ini memberikan lebih banyak manfaat sehat ketimbang treadmill dan memerlukan waktu yang lebih sebentar.

Lompat

Melompatlah sebanyak yang Anda bisa dalam 10 detik. Beristirahat untuk waktu yang sama. Berikutnya, lakukan lompatan sebanyak yang Anda bisa dalam 20 detik, dan istirahatlah selama 20 detik.

Kemudian lakukan 30 detik melompat diikuti 30 detik istirahat. Lalu, melompatlah dengan hitungan menurun, dari 30, 20, hingga 10. Ulangi sebanyak tiga kali. (uri/ina/holikha/DS)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Pontianak Uri.co.id