Hindari Jajanan Anak-anak Mengandung Lemak dan Gula Tinggi | Pontianak Uri.co.id

Pontianak Uri.co.id

Menu

Hindari Jajanan Anak-anak Mengandung Lemak dan Gula Tinggi

Foto Hindari Jajanan Anak-anak Mengandung Lemak dan Gula Tinggi

pontianak.Uri.co.id – Pertumbuhan anak-anak harus diimbangi dengan makanan sehat dan bergizi. Satu di antara makanan yang anak-anak doyan adalah makanan ringan yang mudah ditemui di sekitar kita.

Makanan ringan juga memiliki komposisi yang berbeda-beda, ada yang sehat ada yang justru dapat merusak kesehatan tubuh.

Ahli Gizi Pontianak, Juju Juhairiah, menjelaskan, makanan ringan seperti jajanan (snack) yang tidak baik bagi anak-anak adalah yang berlemak tinggi dan bergula tinggi.

“Makanan ringan seperti itu mempunyai kontribusi terhadap perlemakan hati dan obesitas abdominal (obesitas sentral) pada anak-anak,” ujarnya.

Menurut Juju, obesitas pada anak dapat berdampak meningkatnya risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti kencing manis (DM tipe 2), hipertensi, penyakit jantung, gangguan pernafasan, gangguan kejiwaan, dan sebagainya.

Perlemakan hati juga mempunyai risiko gangguan kesehatan yang dapat lebih buruk lagi, seperti sirosis hati dan kanker hati.

Para peneliti menemukan bahwa mengemil makanan ringan yang berlemak tinggi dan bergula tinggi terkait dengan lemak perut dan lemak hati (steatosis hati) .

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam Jurnal Hepatologi, sebuah jurnal dari Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Hati, diet hypercaloric (kalori tinggi), sering makan (ngemil) snack/jajanan yang berlemak tinggi atau bergula tinggi akan meningkatkan konten trigliserida intrahepatik ( IHTG ) atau lemak hati dan lemak di sekitar pinggang.

Kesimpulannya bahwa makan dalam porsi kecil tetapi sering (ngemil) akan lebih memberikan kontribusi pada perlemakan hati dan pertambahan bobot badan dibandingkan dengan jika mengkonsumsi makanan dalam porsi besar.

“Makanan yang manis atau berminyak/berlemak (gorengan) memang ‘kaya kalori’ tetapi ‘miskin zat gizi’, Makanan selingan atau jajanan yang mengandung gula juga akan mengurangi nafsu makan,” jelasnya. (uri/eka/ibowo/DW)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Pontianak Uri.co.id